Wisata Air Terjun Songgolangit Jepara

Wisata Air Terjun Songgolangit Jepara





Tidak ada kata bosan untuk menikmati wisata alam. Keindahan Indonesia dengan beragam kenampakan alamnya menyediakan berbagai jenis wisata alam yang dapat dinikmati. Salah satu wisata alam yang banyak diminati adalah air terjun. Terdapat banyak lokasi air terjun yang tersebar di seluruh Indonesia, dan air terjun Songgolangit menjadi salah satu diantaranya. Jepara yang lebih banyak dikenal sebagai penghasil ukiran kayu serta tempat lahir R.A. Kartini ternyata memiliki air terjun yang sangat indah dan dapat dinikmati oleh para wisatawan, air terjun songgolangit namanya. Air terjun songgolangit sering dijadikan tujuan wisata oleh masyarakat Jepara. Air terjun yang namanya diambil dari bahasa jawa songgo dan langit yang berarti menyanggah langit ini berada di dukuh Ngelencer, kelurahan Bucu, Kecamatan Kembang, kabupaten Jepara.


Air terjun Songgolangit hanya berjarak 30 km dari pusat Kota Jepara. Wisatawan yang ingin berkunjung tidak perlu khawatir dengan akses menuju air terjun ini, akses menuju obyek wisata ini terbilang cukup baik. Banyak papan penunjuk jalan menuju air terjun Songgolangit yang dipasang sepanjang jalan memudahkan wisatawan luar kota yang masih belum pernah mengunjungi obyek wisata ini. Kondisi jalan aspal yang relatif mulus memudahkan wisatawan menuju lokasi. Sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan dengan suasana hutan dan hamparan sawah yang hijau.Kondisi Air Terjun Songgolangit


Ketinggian air terjun Songgolangit 80 meter dan lebarnya 2 meter, cukup tinggi apabila dibandingkan air terjun lainnya. Terdapat larangan untuk mandi di bawah air terjun ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Terdapat kubangan sedalam 8 meter di bawah air terjun ini yang menjadikan air terjun ini cukup berbahaya. Sudah banyak kejadian buruk dialami oleh pengunjung akibat tidak mengindahkan larangan ini. Sebelumnya, terdapat pagar besi yang mengelilingi kubangan guna memberi peringatan terhadap pengunjung agar berhati-hati saat berfoto atau bermain air, tetapi kini pagar tersebut sudah tidak ada karena tersapu aliran air terjun ini. Kesejukan akan langsung dirasakan pengunjung saat memasuki lokasi air terjun. Pohon-pohon yang mengelilingi dan suasana pegunungan yang asri menjadikan pengunjung betah berlama-lama di obyek wisata ini. Terdapat beberapa tempat yang dapat digunakan untuk bermain air, yaitu di sekitar sungai aliran air terjun. Tetapi pengunjung tetap harus waspada dan berhati-hati karena batu di sekitar sungai cukup licin karena banyaknya lumut yang menempel.Legenda Sepasang Suami Istri


Terdapat legenda yang membentuk air terjun Songgolangit ini. Dikisahkan pada jaman dahulu, terdapat sepasang suami istri yang tinggal bersama di rumah mertua. Dikarenakan sering tersinggung dan adanya   ketidakcocokan dengan mertua, sepasang suami istri itu pergi dari rumah mertuanya pada malam hari dengan menggunakan pedati. Karena malam yang gelap gulita dan kondisi jalan yang sulit, sepasang suami istri tersebut salah jalan dan pedati yang ditumpanginya masuk ke dalam jurang yang sangat dalam yang kemudian dinamaiair terjun Songgolangit tersebut. Sepasang suami istri tersebut menghilang dan tidak diketahui keberadaannya, yang sekarang dipercayai sebagai penunggu dari air terjun.


Wisatawan dapat mengunjungi lokasi tersebut setelah selesai berbelanja ukiran di Jepara atau untuk untuk sekedar mencari udara segar setelah suntuk dengan kondisi di Kota. Selamat mengunjungi air terjun Songgolangit,, nikmati keindahan alam serta kesejukan udaranya dan jangan lupa untuk selalu menaati peraturan yang ada agar dapat berwisata dengan aman dan nyaman.
Previous
Next Post »