Wisata Air Terjun Jantur Gemuruh

Wisata Air Terjun Jantur Gemuruh

  


Air Terjun Jantur Gemuruh, Kutai Kaltim. Sebagai salah satu daerah yang dianugerahkan sumber daya alam, wilayah Kalimantan Timur juga kaya akan berbagai tempat wisata alam yang sangat menarik dan eksotis.


Air terjun Jantur Gemuruh adalah salah satu objek wisata terkenal yang terdapat di Kalimantan Tmur (Kaltim) tepatnya masuk dalam wilayah Kabupaten Kutai Barat, desa Mapan, Kecamatan Sekolaq Darat.


Sebagai sebuah objek wisata alam tentunya air terjun yang satu ini juga memiliki keunikan dan kekhasannya sendiri sehingga layak dijadikan objek wisata unggulan. Nah, daripada penasaran yuk simak ulasan detail objek wisata Air Terjun Jantur Gemuruh, Kutai Kaltim ini.


Karakteristik dan Keunikan Air Terjun Jantur Gemuruh

  
Wilayah Kutai dulunya merupakan pusat kerajaan Hindu di Indonesia. Tak heran jika terdapat banyak peninggalan kerajaan yang bercorak Hindu. Dan di sekitar objek wisata air terjun Jantur Gemuruh ini terdapat candi yang merupakan warisan dan peninggalan kerajaan Hindu.


Peninggalan tersebut dikenal dengan sebutan Batu Begulur. Bangunan candi ini sangat indah dan bergaya klasik peninggalan khas Hindu masa lalu.


Selain peninggalan masa lalu, di kawasan wisata ini juga terdapat lorong-lorong yang berada di bawah tanah yang dilapisi batu. Panjangnya sekitar 50 m. Anda bisa menyusuri tempat ini sambil mengabadikan momen terbaik dengan foto, selfie maupun video.


Air terjun Jantur Gemuruh memiliki ketinggian sekitar 15 m. Wisata alam ini masih terjaga kealamiannya. Di sekitar air terjun terdapat banyak tumbuhan yang masih asri dan hijau. Anda bisa menjumpai berbagai jenis tumbuhan dan pepohonan di sekitar air terjun.


Air terjun ini rupanya memiliki suara gemuruh yang sangat jelas terdengar. Bahkan ketika Anda dan pengunjung lain masih berada di tepi jalan pun akan tetap terdengar. Tak mengherankan jika nama air terjun ini adalah jantur (air terjun) gemuruh (suara gemuruh air terjun).


Ketika sampai di lokasi wisata Anda akan menuruni ratusan anak tangga dari kayu ulin sebelum mencapai lokasi utama objek wisata Air Terjun Jantur Gemuruh. Pastinya objek wisata ini sangat cocok untuk menghibur diri, mengusir kejenuhan, dan ajang berkumpul bersama keluarga dan rekan.


Akses Lokasi dan Transportasi





Anda bisa menuju lokasi wisata di Desa Mapan Kecamatan Sekolaq Darat dari pusat kota Sendawar, Kutai Barat dengan jarak tempuh perjalanan darat sekitar 30 menit. Nah, ketika sampai di Kecamatan Sekolaq Darat Anda akan menjumpai dua simpangan.


Arah simpang ke kanan Anda akan dibawa ke objek wisata Cagar Alam Kersik Luwei. Sedangkan jika menuju ke simpang kiri barulah Anda bisa menuju langsung ke Air Terjun Jantur Gemuruh.


Untuk bisa mencapai ke lokasi wisata ini Anda harus menggunakan moda transportasi roda dua maupun roda empat. Dari cagar alam Kersik Luwai jarak ke air terjun Jantur Gemuruh berjarak sekitar 10 km.


Anda tak perlu khawatir untuk menikmati objek wisata ini. Terdapat beberapa fasilitas yang cukup memadai bagi pengunjung seperti warung, gazebo, MCK, dan sebagainya. Nah, untuk menikmati objek wisata ini Anda tak perlu membayar mahal.


Biaya masuknya cukup terjangkau sekitar Rp 2.000 hingga Rp 4.000 per orang. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenai biaya parkir untuk sepeda motor, mobil, dan bis. Itulah berbagai keunikan dan kemudaha akses menuju ke lokasi Air Terjun Jantur Gemuruh,
Previous
Next Post »