Wisata Pantai Santolo di Garut

Wisata Pantai Santolo di Garut



Pantai Santolo, Garut. Garut tak hanya terkenal dengan wisata kulinernya semata, namun juga memiliki suguhan wisata alam yang sangat indah. Pantai Santolo yang terletak di Garut adalah objek wisata yang tak bisa dilewatkan begitu saja.


Pantai Santolo sendiri berlokasi di Kecamatan Cikelet yang berada di bagian selatan kota Garut. Karena lokasinya yang tak terlalu jauh maka lokasi wisata pantai ini bisa ditempuh dengan jarak tempuh 88 km dari Garut.


Selain wisatawan lokal asal Garut, wisatawan luar pun juga banyak yang mengunjungi pantai ini seperti dari Bandung dan lain sebagainya. Pantai ini tentunya punya daya tarik tersendiri sehingga sering dijadikan destinasi wisata akhir pekan maupun liburan.


Keindahan dan Keunikan Pantai Santolo


Kawasan pantai Santolo, Garut ini dikenal sebagai tempat para nelayan tradisional menambatkan perahu maupun kapalnya (dermaga nelayan). Namun demikian, pantai ini juga menyajikan keindahannya.


Anda bisa menikmati panorama alam khas pantai dengan laut, deburan ombak, dan angin pantai selatan. Anda maupun pengunjung lain bisa menikmati pantai sembari bermain di pantai, di bibir pantai, berkumpul bersama keluarga atau rekan, dan menikmati hidangan laut.


Di sekitar pantai terdapat kumpulan bebatuan besar. Panorama air laut yang masih biru. Anda dan pengunjung lain juga bisa menikmati deburan ombak sembari menyewa perahu khusus untuk wisatawan.


Meski air laut pantai ini sangat bening Anda pun harus memilih area tertentu yang aman untuk berenang dan bermain air. Di bagian tertentu pantai ini juga terdapat gundukan dari karang yang mirip dengan gundukan karang di Tanah Lot Bali.


Di pantai ini Anda bisa menikmati wisata kuliner berupa ikan-ikan laut hasil tangkapan para nelayan. Anda bisa membakar ikan-ikan tersebut sendiri dan menyantapnya begitu matang. Nah, tentu saja Anda harus membeli ikan sebelum menyantapnya.


Biasanya ikan-ikan dan hasil laut yang disajikan di Pantai Santolo adalah ikan tongkol, ikan layur, dan cumi-cumi. Anda bisa menjumpai hasil-hasil laut dalam keadaaan segar ketika masih pagi. Anda pun bisa meminta penjual untuk memasak ikan-ikan pilihan Anda.


Secara umum kawasan wisata Pantai Santolo begitu dengan perkampungan para nelayan. Kondisi pasir di pantai ini berwarna putih kecoklatan yang masih bersih. Anda bisa menikmati pasir-pasir di pantai ini.


Anda pun bisa mengabadikan berbagai momen menarik di pantai ini dengan berfoto bersama, selfie maupun merekam video perjalanan wisata Anda.


Fasilitas, Akses dan Transportasi Wisata


Guna memudahkan para pengunjung yang ingin menikmati wisata di pantai Santolo ini terdapat berbagai fasilitas yang sangat menunjang seperti penginapan (losmen), warung makan, kios oleh-oleh/souvenir, dan lain sebagainya. Harga untuk menikmati fasilitas tersebut cukup terjangkau.


Untuk bisa sampai ke lokasi wisata Anda bisa melalui rute-rute yang disarankan. Dari Garut Anda akan menuju ke wilayah Santolo. Rute lain melalui Cianjur menuju Cidaun, Rancabuaya, dan Santolo. Bisa pula melalui rute Ciwidey, Cisewu, Bungbulang, dan Pameungpeuk.


Sedangkan jika dari Bandung, Anda menuju Ranca Bali, Naringgul, Cidaun, Rancabuaya, dan Santolo. Bisa pula melalui jalur alternatif yaitu Pangalengan. Dari Bandung butuh jarak tempuh 150 km.


Anda bisa menggunakan moda transportasi mobil maupun bis. Sedangkan untuk sepeda motor tentunya butuh kehatian-hatian mengingat lalu lalang lalu lintas yang cukup padat, berkelok, melalui hutan, dan jurang. Tapi semua itu akan terbayar kala sampai di lokasi pantai Santolo, 
Previous
Next Post »