Wisata Pantai Klayar Pacitan

Wisata Pantai Klayar Pacitan




Pantai ini terletak di Pacitan, Jawa Timur dan berbatasan dengan
  
Pantai Klayar, Pacitan. Kabupaten Pacitan memang dikenal sebagai daerah yang memiliki objek wisata pantai indah dan menarik. Salah satu objek wisata pantai yang terdapat di Pacitan adalah Pantai Klayar.


Lokasi pantai ini berbatasan dengan wilayah Wonogiri. Berada di Desa Kalak, Kecamatan Doonorojo Kabupaten Pacitan. Dari kota Pacitan Anda butuh waktu tempuh sekitar 40 km untuk bisa sampai ke lokasi pantai.


Keindahan dan Keunikan Pantai Klayar

 Pantai Klayar, Pacitan masih berada segaris atau sejajar dengan Pantai Teleng Ria. Pantai Klayar sendiri didominasi oleh pasir-pasir berwarna putih dengan bebatuan karang dan tebing-tebing batu yang terdapat di sekeliling pantai.


Sepanjang pantai terdapat jajajarn pohon kelapa yang menjadi penghias alam pantai. Bukit-bukit yang menjulang tinggi juga terdapat di sekitar pantai. Anda bisa menikmati keindahan pantai dari bukit-bukit tersebut.

 Baca Juga : 
Air Terjun Gendang
 Air Terjun Suhom

Di pantai ini nantinya Anda akan menjumpai celah di bagian batu karang. Celah tersebut akan masuk ke bagian batu karang itu dan akan menyembur ke atas layaknya air mancur besar yang mampu mencapai ketinggian semburan hingga 10 m.


Menariknya lagi air mancur alam tersebut akan terdengar suara seperti bunyi siulan. Orang-orang pun kerapkali menyebut fenomena alam berupa bunyi dan suara tersebut sebagai seruling laut. Di jajaran atau derertan tebing karang yang berada di bagian timur pantai terdapat batu karang raksasa yang bentuknya mirip sphinx di Mesir.


Air laut Pantai Klayar bisa dibilang sangat bersih dan membiru. Ombak-ombak yang ada di pantai ini sangat besar. Anda dan pengunjung lain tentunya tak diijinkan untuk berenang di pantai ini mengingat ombak dan gelombangnya yang besar.


Saat kondisi pantai surut Anda bisa melihat dan menemukan hewan-hewan laut seperti kerang Mollusca dan hewan lainnya. Terdapat juga limpet dan rumput-rumput laut yang hidup dan tumbuh di sekitar bebatuan karang.


Tak jarang pengunjung juga bisa menyaksikan secara langsung warga yang memanjat pohon kelapa di pantai untuk mengambil air pohon kelapa sebagai bahan pembuatan gula merah atau gula Jawa.

Akses, Transportasi, dan Fasilitas Pantai Klayar




Dengan menempuh perjalanan dari Pacitan Anda bisa menyusuri perjalanan yang cukup berliku, naik turun, dan di beberapa titik akan menjumpai bukit-bukit batu, gua-gua kecil yang memiliki stalaktit dan stalakmitnya. Hiasan alam tersebut akan Anda temui di sisi jalan menuju lokasi objek wisata.


Anda bisa menuju lokasi wisata dengan menggunakan moda transportasi darat seperti sepeda motor maupun mobil/bis. Anda bisa menuju dan menempuh lokasi objek wisata dari tiga tempat yaitu Pacitan, Yogyakarta, dan Solo.


Dari Pacitan butuh jarak tempuh 40 km (sekitar 1 jam perjalanan). Sementara dari Yogyakarta sekitar 110 km atau sekitar 3 jam perjalanan dengan rute Yogyakarta, Wonosari, Wonogiri, dan Pacitan. Dari Pacitan sekitar 1 jam perjalanan.


Sedangkan jika Anda memulai perjalanan dari Solo, bisa menuju ke Kecamatan Pracimantoro. Terus hingga menjumpai pertigaan Giribelah dan nanti akan menjumpai perempatan Kalak. Nah, dari wilayah Kalak ini Anda butuh waktu tempuh 1 jam menuju ke Pantai Klayar. Jika kamu tidak bisa menuju tempat ini , kami menyediakan paket wisata di jogja yang sangat menarik untuk anda. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik tersebut.
  
Biasanya Pantai Klayar akan ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan dan musim liburan. Di sekitar pantai ini terdapat fasilitas seperti warung-warung dan fasilitas MCK. Belum terdapat fasilitas penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam. Namun jika ingin bermalam, Anda bisa mendirikan tenda di kawasanPantai Klayar, Pacitan.

Previous
Next Post »