Wisata Air Terjun Madakaripura di Gunung Semeru

Wisata Air Terjun Madakaripura di Gunung Semeru






Air Terjun Madakaripura, Jatim. Jika Anda tengah berada di Provinsi Jawa Timur, sempatkanlah berkunjung dan berlibur ke Kabupaten Probolinggo. Di salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur (Jatim) itu terdapat sebuah air terjun yang sangat menarik.


Namanya adalah air terjun Madakaripura. Berlokasi di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Kawasan wisata air terjun ini berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.


Air terjun ini juga cukup dekat dengan wisata gunung Bromo. Lokasinya berada di bawah kaki bukit pegunungan Tengger. Pastinya membuat Anda penasaran seperti apa keunikan dan keindahan objek wisata yang satu ini. Berikut ulasannya!


Keindahan Air Terjun Madakaripura


Sebagai objek wisata alam air terjun Madakaripura, Jatim ini menawarkan berbagai suguhan yang penuh kesan. Anda akan dibuat takjub dan terpesona dengan keindahan alamnya. Air jernih yang jatuh dari ketinggian layaknya tira-tirai yang tak pernah putus.


Tebing-tebing tinggi yang kokoh dengan bebatuan khasnya membuat objek wisata alam ini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Jawa Timur. Air terjun Madakaripura sendiri merupakan air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah air terjun Sigura-gura, Sumatera Utara.


Konon katanya air terjun Madakaripura ini dulunya adalah tempat meditasi bagi Mahapati Gadjah Mada yang berasal dari kerajaan Majapahit. Air terjun ini juga dikenal dengan julukan air terjun abadi. Hal ini karena airnya terus mengalir dan terjun serta tak pernah berhenti mengalir.


Air terjun ini berada pada sebuah ceruk yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang meneteskan air. Tinggi air terjun sekitar 200 m.


Sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata Anda akan disuguhkan dengan pemandangan asri dan hijau serta terlihat tebing-tebing dari sisi jalan.  Cuaca yang sejuk akan Anda rasakan selama menempuh perjalanan menuju lokasi.


Ketika Anda berada semakin dekat menuju lokasi air terjun, Anda akan disuguhkan dengan suara air gemuruh air terjun yang sangat jelas.


Akses Lokasi dan Transportasi

  


Menuju ke lokasi objek wisata air terjun Madakaripura tidaklah terlalu sulit. Anda bisa memulai perjalanan dari Malang atau langsung dari Probolinggo. Anda dapat menggunakan bus besar tujuan Tongas. Ketika sampai di pertigaan Tongas Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkot.


Anda pun bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadi untuk sampai ke lokasi wisata. Untuk masuk ke lokasi wisata Anda akan menjumpai gerbang Madakaripura. Saat menuju lokasi Anda akan melewati sungai-sungai.


Biasanya terdapat jasa pemandu (guide) yang menawarkan diri pada pengunjung.Guide itu juga bisa membawakan barang bawaan Anda. Anda harus menentukan dan menawar harga untuk jasa guidei.


Rute menuju lokasi sedikit rumit dan menantang. Anda akan menjumpai jalanan yang licin dan menaiki tebing. Karena itu Anda harus menyiapkan alas kaki (sepatu atau sandal khusus).


Ketika Anda melintasi dinding sekitar air terjun Anda harus berhati-hati karena akan ada curahan air yang jatuh dari atas. Karena itu Anda bisa menyewa dan menggunakan payung atau jas hujan plastik untuk menghindari kondisi basah, terutama untuk mengamankan kamera, ponsel, dan sebagainya.


Penting juga diperhatikan ketika Anda memarkir motor agar meminta motor Anda untuk tak usah dicuci. Anda sebaikanya memilih waktu kunjungan bukan saat hujan atau musim hujan, mengingat kondisi air yang deras, rawan longsor, dan resiko lain saat berada di air terjun Madakaripura, Jatim.
Previous
Next Post »