Tempat Wisata Danau Singkarak

Tempat Wisata Danau Singkarak


Danau Singkarak membentang di dua kabupaten di Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Danau Singkarak adalah hulu dari Batang (sungai) Ombilin dan Batang Anai. Air ke Batang Anai dialirkan melewati terowongan yang menembus Bukit Barisan dan digunakan untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak yang berada di dekat Lubuk Alung. Danau yang memiliki luas 107,8 km² membuatnya menjadi danau terluas ke-2 di Pulau Sumatra setelah Danau Toba yang terdapat di Sumatera Utara.
Keindahan alam, kesejukan udara, dan airnya yang jernih menjadi daya tarik yang dimiliki oleh Danau Singkarak sehingga sangat sayang untuk dilewatkan oleh para wisatawan yang berlibur di Pulau Sumatera. Danau ini terletak pada ketinggian 362,5 m dari permukaan laut. Di danau ini terdapat spesies ikan khas yang hanya hidup di sana. Penduduk lokal menyebutnya dengan “Ikan Bilih” (Mystacoleuseus Padangensis).
Uniknya, Ikan ini tidak bisa dibudidayakan di luar habitatnya yang asli, baik itu di aquarium, kolam, bahkan dalam jala terapung yang ada di Danau Singkarak sekalipun.Para wisatawan yang berwisata ke kawasan wisata ini juga bisa menikmati keindahan Danau Singkarak dari dekat dengan menyewa perahu wisata dan perahu tradisional untuk menyusuri danau tersebut. Dari atas perahu, para wisatawan akan dibuat takjub dengan kejernihan air dan keindahan panorama alam di Danau Singkarak. Jika beruntung, para wisatawan juga dapat menyaksikan secara langsung lomba perahu tradisional untuk tingkat daerah, atau bahkan tingkat nasional yang diadakan di danau ini.
Lomba perahu tradisional ini juga menjadi salah daya tarik yang membuat para wisatawan ingin mengunjungi kawasan wisata Danau Singkarak.Kawasan wisata Danau Singkarak berada di dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kawasan wisata ini boleh dibilang memiliki akses yang mudah karena bisa ditempuh melalui jalur darat. Bagi para wisatawan yang memilih transportasi umum, perjalanan bisa dimulai dari Kota Padang.
Dari kota ini, para wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam untuk tiba di kawasan wisata Danau Singkarak. Selain itu, para wisatawan juga bisa menyewa mobil sewaan yang melayani perjalanan wisata ke Danau Singkarak.Bagi para wisatawan yang ingin menginap, di kawasan wisata Danau Singkarak sudah terdapat banyak penginapan, baik hotel atau wisma dengan tarif yang terjangkau. Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati keindahan panorama alam di kawasan wisata ini sambil menyantap makanan di rumah makan dan restoran yang banyak berjejer di pinggir danau ini.

Tempat Wisata Danau Singkarak

Previous
Next Post »